bimbelalumni.com BEDANYA UJIAN NASIONAL dan UJIAN SBMPTN

Ujian nasional, itu termasuk kedalam ujian evaluasi, yang artinya tujuannya hanya untuk mengevaluasi atau mengetahui sejauh mana kemampuan kalian dalam penguasaan materi pelajaran SMA. Jadi semua orang tuh pada dasarnya mendukung penuh kalian untuk bisa lulus UN, baik itu orangtua kalian, guru sekolah kalian, kepala sekolah kalian, temen-temen kalian, bahkan sampe pemerintah pun kepengennya semua siswa kalo bisa lulus UN sampe 100%. Imbasnya kalian dipermudah banget oleh semua pihak supaya bisa lulus UN. Makanya pemerintah sampe nerbitin SKL (kisi-kisi bahan UN), sekolah kalian mungkin ngadain tambahan khusus.

bimbelalumni.com try out UN 2

Seperti yang udah dibahas sebelumnya di artikel Agar Try Out UN Ada Efeknya, nah sekarang kita kupas lebih detil poin per poin ya.. Di copas juga gak papa kok..

01Menjadi biasa, Beberapa kali ikut TRY OUT akan membuat kamu menjadi terbiasa mengerjakan soal-soal, efeknya apa? Kamu tidak kaget menghadapi ujian yang sebenarnya

bimbelalumni.com try out UN

Hei.. Kamu yang udah kelas 6, kelas 9 dan kelas 12! Kamu! Iyaaaaa, Kamu! =) Udah siap-siap buat menghadapi UN?

UN emang masih beberapa bulan lagi. Nggak sampe setahun tapi kalau kamu nggak bersiap dari sekarang kamu bisa kehilangan kesempatan buat masuk ke sekolah atau ke universitas favorit, lho.. Beneran, suer dah..

Nggak usah pake panik buat ngadepin UN, apalagi sampe stress segala tapi jangan terlalu santai juga. Banyak hal yang bisa kamu jadikan bahan buat persiapan UN. Salah satunya adalah program latihan menjawab soal yang biasa disebut TryOut.

Ketahuilah bahwa anda mempunyai potensi untuk menjadi seorang pribadi yang berkarakter, upayakanlah itu. Karakter, lebih dari apapun dan akan menjadikan anda seorang pribadi yang memiliki nilai tambah. Karakter akan melindungi segala sesuatu yang anda hargai dalam kehidupan ini.

Setiap orang bertanggung jawab atas karakternya. Anda memiliki kontrol penuh atas karakter anda, artinya anda tidak dapat menyalahkan orang lain atas karakter anda yang buruk karena anda yang bertanggung jawab sepenuhnya. Mengembangkan karakter adalah tanggung jawab pribadi anda.

Mengapa kita perlu mengenali tipe kepribadian? Karena kepribadian adalah dasar dari pembentukan karakter seseorang, dan pada bagian inilah seseorang memiliki kecenderungan untuk merespon terhadap segala sesuatunya.

Peran Pendidikan Karakter Dalam Melengkapi Kepribadian bimbel alumni

Setiap manusia tidak bisa memilih kepribadiannya, kepribadian sudah hadiah dari sang pencipta saat manusia dilahirkan. Dan setiap orang yang memiliki kepribadian pasti ada kelemahannya dan kelebihannya di setiap aspek kehidupan sosial dan pribadi masing-masing.

Nah, karakternya dimana? Saat setiap manusia belajar untuk mengatasi kelemahannya, memperbaiki kelemahannya, dan memunculkan kebiasaan positif yang baru maka inilah yang disebut dengan karakter. Misalnya, seorang koleris murni tetapi sangat santun dalam menyampaikan pendapat dan instruksi kepada sesamanya, seorang yang sanguin mampu membawa dirinya untuk bersikap serius dalam situasi yang membutuhkan ketenangan dan perhatian fokus. Itulah karakter. Pendidikan karakter adalah pemberian pandangan mengenai berbagai jenis nilai hidup, seperti kejujuran, kecerdasan, kepedulian dan lain-lainnya. Dan itu adalah pilihan dari masing-masing individu yang perlu dikembangkan dan perlu dibina sejak usia dini.

Peran Pendidikan Karakter Dalam Melengkapi Kepribadian bimbel alumni

Pada awalnya, manusia itu lahir hanya membawa “personality” atau kepribadian. Secara umum kepribadian manusia ada 4 macam dan ada banyak sekali teori yang menggunakan istilah yang berbeda bahkan ada yang menggunakan warna, tetapi polanya tetap sama. Secara umum kepribadian manusia ada 4, yaitu :

1. Koleris : tipe ini bercirikan pribadi yang suka kemandirian, tegas, berapi-api, suka tantangan, bos atas dirinya sendiri.
2. Sanguin : tipe ini bercirikan suka dengan hal praktis, happy dan ceria selalu, suka kejutan, suka sekali dengan kegiatan social dan bersenang-senang.
3. Plegmatis : tipe ini bercirikan suka bekerjasama, menghindari konflik, tidak suka perubahan mendadak, teman bicara yang enak, menyukai hal yang pasti.
4. Melankolis : tipe ini bercirikan suka dengan hal detil, menyimpan kemarahan, perfeksionis, suka instruksi yang jelas, kegiatan rutin sangat disukai.